Pages

Tuesday, May 28, 2013

Jangan memburning CD/DVD dengan kecepatan maximum


Teman-teman, pasti kalian pernah burning CD/DVD kan?

Apa sih burning CD/DVD itu?
Burning CD/DVD adalah proses pengcopy-an data dari komputer ke CD/DVD. Kebanyakan toko-toko, warnet, dan komputer pribadi menggunakan software Nero Burning ROM untuk memburning CD/DVD.

Berapa lama proses pengcopy-an-nya?
Kalau datanya sedikit ya cepat, tapi kalau datanya banyak ya lama. Biasanya kalau datanya banyak, kita menggunakan burning dengan kecepatan maximum, meskipun ada juga orang yang memburning dengan kecepatan maximum, namun datanya sedikit. Tahukah kamu bahwa ada efek samping jika kamu memburning dengan kecepatan tinggi?

Apa efek sampingnya?
Chilly boleh cerita dikit kan? Lebaran 2012, sebelum Chilly mengadakan gathering Pokemon di Tangerang, Chilly memburning data-data Pokemon yang ada di laptop Chilly ke DVD dengan kecepatan maximum. Ketika gathering berlangsung, Chilly memasukkan DVD ke laptop teman, ternyata tidak terbaca. Namun jika Chilly memasukkan DVD ke laptop teman lainnya, masih bisa kebaca.

Kemudian, Februari 2013, Chilly disuruh guru untuk mengcopy 5 CD senam, dibayar dengan harga Rp20.000. Chilly memburning kelima CD tersebut dengan kecepatan maximum. Pekerjaan rumah beres, Chilly kasih segera CD-CDnya. Namun satu hari kemudian, guru Chilly komplain kalau CD-CD senamnya ga bisa kebaca di radionya. Namun jika Chilly memasukkannya ke laptop Chilly, masih bisa kebaca.

Ganti rugi, kemudian Chilly hipotesakan kenapa CD senamnya ga bisa kebaca. Chilly coba untuk tidak memburning dengan kecepatan maximum, tapi dengan kecepatan 12x (1.800 KB/s). Satu CD Chilly coba di radio milik guru, ternyata bisa kebaca!



Jadi, intinya ga boleh burning dengan kecepatan tinggi ya?
Jika kamu memburning dengan kecepatan paling tinggi, maka laptop, radio, VCD player, haruslah yang compatiblenya luas (atau termodern) agar CD/DVD nya bisa terbaca. Namun jika kamu memburning dengan kecepatan paling rendah, kamu harus menunggu berpuluh-puluh menit agar burning selesai.

Berapa kecepatan burning yang direkomendasikan?
Tergantung, gunakan titik tengah. Coba lihat gambar diatas, jika kecepatan maximumnya adalah 24x dan kecepatan minimumnya adalah 4x, gunakan kecepatan yang paling tengah, yaitu 12x (1.800 KB/s).

---

Oke, sekian yang bisa Chilly share.
Kalau udah tau ya jangan bosen-bosen kasih tau yang lainnya.

Mau nulis komentar? [klik disini]
Artikel ini ditulis oleh Chillarmy sendiri. Cantumkan sumber apabila kamu mengcopynya.